oleh

SKA Kartini Temanggung Pekerjakan Enam Orang Disabilitas

TEMANGGUNG – Sentra Kreasi Atensi (SKA) Kartini Temanggung, berperan dalam membuka lapangan kerja bagi kaum disabilitas dan pemerlu layanan sosial lainnya. Sejauh ini SKA telah mempekerjakan enam orang disabilitas fisik, dua orang disabilitas grahita, bersama satu orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Pendamping Penerima Manfaat (PM) Atensi, Iswuryati Rahayu menjelaskan, pihaknya telah mempekerjakan dua orang tenaga kerja dari disabilitas intelektual, keduanya alumnus Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPD). Lainnya ada empat orang disabilitas fisik, dan satu ODGJ.

Baca Juga  Koramil 0602-01/Kota Serang Gelar Vaksinasi Massal

“Tetap kita pantau supaya mereka bisa memberikan pelayanan yang baik pada konsumen. Terutama yang ODGJ kan juga harus selalu rutin pengobatan agar kondisi kejiwaannya stabil, sehingga mampu bekerja dengan baik,” tutur Rahayu, Rabu (18/8/2021).

Perempuan yang akrab disapa Yayu ini mengatakan, tenaga kerja disabilitas intelektual yang direkrut harus dengan IQ 50 ke atas, karena harus berhadapan dengan konsumen.

Baca Juga  RSUD Margono Luncurkan Aplikasi Anti-“Fraud”

Proses melatih satu orang anak, butuh waktu satu pekan agar mereka bisa terampil. Tentunya dengan praktik kerja langsung. Tiap pekerja menerima gaji Rp600 ribu per bulan. Mereka bekerja dengan sistem sif.

“SKA ini juga sekaligus membuka lapangan kerja bagi disabilitas, karena selama ini peluang kerja untuk mereka sangat terbatas, dan kesulitan bersaing kerja dengan orang umum. Banyak orang masih under estimate terhadap disabilitas,” pungkasnya.(*/cr1)

Baca Juga  Peresmian Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kendal

Sumber: aceh.siberindo.co

News Feed