oleh

HUT Ke-75 Bhayangkara Gelar Vaksinasi Massal

SURAKARTA – Polrestabes Surakarta, menggandeng Pemkot Surakarta dan Kodim 0735/Surakarta, menggelar vaksinasi massal, dalam rangka HUT ke-75 Bhayangkara, Sabtu (26/6/2021). Sebanyak 4.000 dosis vaksin diberikan untuk masyarakat yang disebar di tiga titik.

Vaksinasi tersebut dilakukan di Pendhapi Balaikota dengan pembagian vaksin 1.400 dosis, kemudian Gedung Perkumpulan Masyarakat Surakarta 1.300 dosis vaksin, dan Gelanggang Olahraga Bung Karno, Manahan 1.300 dosis vaksin.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di tiga lokasi tersebut. Ia menyampaikan apresiasi atas antusiasme warga Solo dan mengimbau untuk bersabar menunggu giliran.

“Yang hari ini tidak kebagian vaksin tidak perlu takut, nanti akan ada terus vaksin melimpah” jelasnya.

Selanjutnya Gibran kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan meskipun sudah divaksin.

“Sekali lagi untuk warga yang sudah divaksin tetap terapkan protokol kesehatan maskernya tetap dipakai sering-sering cuci tangan jaga jarak dan kurangi mobilitas juga kurangi bepergian ke luar kota juga tidak urgent sekali,” pesan Gibran.

Baca Juga  Polres Minahasa Bantu Evakuasi Warga Korban Banjir Papakelan Tondano

Vaksinasi massal juga dilakukan Polres Sukoharjo bersama Pemkab Sukoharjo, dengan 4.000 dosis vaksin, di beberapa titik.

“Untuk di Sentra Niaga ada 1.000 target dan lainnya di tingkat Polsek. Vaksinasi tujuannya bukan untuk menjadikan seseorang jadi kebal, tapi vaksinasi dalam upaya pencegahan. Sehingga, setelah divaksin tetap harus menerapkan prokes,” ujar Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengatakan, saat ini peningkatan kasus Covid-19 di Sukoharjo hampir merata di seluruh wilayah. Untuk itu, dalam mengendalikan dan mengatasi pandemi corona tidak bisa dilakukan pemerintah semata, namun harus dilakukan melalui kerja sama dan koloborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk TNI dan Polri.

“Saat ini masalah corona kembali mengalami peningkatan luar biasa, khususnya pascalibur Lebaran lalu. Peningkatan menyebar di hampir seluruh Indonesia termasuk Sukoharjo,” ujarnya saat membuka kegiatan vaksinasi di kompleks Sentra Niaga Solo Baru.

Baca Juga  KNPI Depok Siapkan 2.000 Dosis Vaksin untuk Vaksinasi Massal

Dikatakan, untuk mengatasi pandemi harus dilakukan melalui berbagai upaya. Tidak hanya melalui penerapan protokol kesehatan, namun juga melalui pemberian vaksinasi sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran.

“Setelah mendapat vaksin jangan dipahami kemudian bebas melakukan apa saja, tapi kita harus selalu waspada dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan 5M,” ujarnya.

Etik Suryani juga meminta agar pelaksanaan vaksinasi massal tersebut diatur dengan baik agar tidak menimbulkan kerumunan atau antrean bagi calon penerima vaksin.

Gandeng Puskesmas

Di Grobogan, Polres setempat menggelar vaksinasi massal di Stadion Krida Bhakti, Purwodadi. Adapun untuk vaksinasi tingkat Polsek, dilakukan lokasi yang telah ditentukan dengan menggandeng Puskesmas setempat.

Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi menuturkan, kegiatan  vaksinasi dibagi menjadi empat tim yaitu vaksinasi dari tim Ur Dokkes Polres Grobogan, Dinkes Kabupaten Grobogan dibantu tim kesehatan Kodim 0717/Grobogan, dan Puskesmas di wilayah Grobogan.

“Alhamdulilah hari ini kita lakukan vaksinasi massal yang digelar serentak se-Indonesia. Selain kegiatan di Stadion Krida Bhakti ini, untuk Polsek jajaran juga melaksanakan kegiatan vaksinasi bekerja sama sama dengan Puskesmas dan kecamatan,” ujar Benny Setyowadi.

Baca Juga  Gubernur Bengkulu Kirim Bantuan untuk Korban Kebakaran Purwodadi

Pelaksanaan vaksinasi massal menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Sebelum masuk ruangan peserta wajib mencuci tangan, serta diperiksa suhu badan dengan thermo gun dan disemprot disinfektan. Bahkan ruangan telah disiapkan sedemikian rupa sehingga tidak terjadi kerumunan.

Bupati Grobogan Sri Sumarni bersama anggota DPRD Grobogan, Dandim 0717/Grobogan Letkol Inf Asman Mokoginta dan Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi serta Kepala Dinas Kesehatan Grobogan dan Kepala BPBD memantau langsung jalannya kegiatan.

Sri Sumarni mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar oleh Polres Grobogan.

“Kami apresiasi kegiatan vaksinasi ini, Alhamdulilah animo masyarakat sangat luar biasa dan kegiatan berjalan lancar. Ke depan akan terus kita tingkatkan kegiatan vaksinasi,” ujarnya. (*/cr1)

Sumber: aceh.siberindo.co

News Feed